Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Mei 2011

DIAGNOSIS KEHAMILAN

A. 14 tanda kehamian tidak pasti 
   1.  aminore 
   2. mual dan muntah
   3. Mastodinia
   4. Quickening
   5. Keluhan kencing   
   6. Konstipasi
   7. Perubahan berat badan
  8. Perubahan temperature basal 
  9. Perubahan warna kulit 
 10. Perubahan payudara 
 11. Perubahan-perubahan pada pelvis 
 12.Pembesaran perut
 13. Kontraksi uterus
 14.Balotement

B. 5 tanda kehamilan pasti
 1. Denyut jantung janin (DJJ) 
 2.Palpasi 
3. Rontgenografi 
4. Ultrasonografi 
5. Fetal ECG


A.      14 Tanda kehamilan tidak pasti
1.      Aminorea
Bila seorang wanita dalam masa mampu , apalagi sudah kawin mengeluh terlambat haid, maka pikirkanlah bahwa ia hamil meskipun keadaan seperti ketidakseimbangan ovarium-hipofisis, infeksi local, stress, obat-obatan, penyakit kronis dapat pula menyebabkan terlambat haid.
2.      Mual dan muntah
Merupakan gejala umum, mulai dari rasa tidak enak sampai muntah yang berkepanjangan.dalam kedokteran lebih dikenal dengan istilah morning sickness karena munculnya sering pagi hari. Penyebab hal ini belum jelas, tetapi kemungkinan disebabkan oleh meningkatnya estrogen yang mempengaruhi metabolism hepar, serta menurunya motilitas lambung. Mual dan muntanh diperberat oleh makanan yang baunya menusuk dan juga oleh emosi penderita yang tidak stabil. Untuk mengatasinya penderita perlu diberikan makanan yang ringan, mudah dicerna dan jangan lupa beritahu bahwa keadaan ini masih dalam batas normal pada orang hamil. Bila berlebihan dapat juga diberikan anti muntah.
3.      Mastodinia
Rasa kencang dan sakit pada payudara disebabkan oleh pembesaran payudara . vaskularisasi bertambah, asinus dan duktus berproliferasi karena pengaruh estrogen dan progesterone.

4.      Quickening
Adalah persepsi gerakan janin pertama yang diteruskan melalui peritoneum parietal yang memiliki inervasi somatic. Biasanya disadari oleh wanita pada kehamilan 18-12 minggu dan lebih dini dirasakan oleh wanita multigravida. Tanda ini terlalu sering dirasakan pada wanita hysteria yang menganggap dirinya hamil (pseudocyesis).
5.      Keluhan kencing
Frekuensi kencing bertambah dan sering kencing malam, disebabkan oleh desakan uterus yang membesar dan tarikan oleh uterus ke cranial.
6.      Konstipasi
Ini terjadi karena efek relaksasi progesterone pada tonus otot usus atau dapat juga karena perubahan pola makan.
7.      Perubahan berat badan
Pada kehamilan 2-3 bulan sering terjadi penurunan berat badan karena nafsu makan berkurang dan muntah-muntah. Pada bulan selanjutnya BB akan selalu meningkat sampai stabil menjelang aterm.
8.      Perubahan temperature basal
Kenaikan temperature basal lebih dari 3 minggu biasanya merupakan tanda telah terjadi kehamilan.
9.      Perubahan warna kulit
Perubahan ini antara lain kloasma yakni warna kulit yang kehitam-hitamn pada dahi,punggung hidung, dan kulit daerah sekitar pipiterutama wanita dengan warna kulit tua. Biasanya muncul setelah minggu ke 16. Pada daerah areola dan putting payudara, warna kulit menjadi lebih hitam.
Perubahan ini disebabkan oleh stimulasi MSH ( melanocyte stimulating hormone). Pada kulit daerah abdomen dan payudara dapat mengalami perubahan yang disebut striegravidarum, yaitu suatu perubahan warna kulit seperti jaringan parut. Diduga ini terjadi karena pengaruh adrenokortikosteroid. Kadang-kadang pula taleangiektasia karena pengaruh estrogen yang tinggi.
10.  Perubahan payudara
Pada usia kehailan 6-8 minggu tuberkel Montgomery mulai menonjol akibat stimulasi prolaktin dan HPL. Kemudian, payudara mensekresi kolostrum biasanya setelah kehamilan lebih dari 16 minggu.
11.  Perubahan-perubahan pada pelvis
a.      Dinding vagina mengalami kongesti, warna kebiru-biruan (Chadwick’s sign). Cairan vagina keputihan, encer, berisikan sel-sel eksfloiasi vagina , yang terjadi karena pengaruh estrogen dan progesterone . servik berwarna kebiru-biruan (livid)
b.      Hagar’s sign
Tanda ini berupa pelunakan pada daerah istmus uteri sehingga daerah tersebut pada pemeriksaan bimanual mempunyai kesan lebih tipis dan uterus mudah difleksikan ( tanda ini mulai terlihat pada minggu ke 6 dan menjadi nyata pada minggu 7-8)
c.       Pembesaran uterus terjadi pada minggu ke-10, 2x sebelum hamil (besar normalnya adalah antara 7-8 cm x 4-5 cm). uterus membesar kesalah satu sisi hingga menonjol jelas ke sisi pembesaran tersebut ( tanda piscaseck).
12.  Pembesaran perut
Pembesaran perut menjadi nyata pada minggu ke 16 karena pada saat ini uterus telah keluar dari rongga pelvis dan menjadi organ rongga perut. Penurunan tinggi fundus uteri (TFU) pada minggu 38-40 disebut lightening.karena penurunan janin pada segmen bawah rahim dan servik sebagai persiapan persalinan. TFU bukan pedoman untuk mengatahui maturitas janin.
13.  Kontraksi uterus
Tanda ini muncul belakangan dan pasian mengeluh perutnya kenceng tapi tidak disertai rasa sakit.
14.  Balotement
Tanda ini muncul pada minggu ke 16-20, setelah rongga rahim mengalami obliterasi dan cairan amnion cukup banyak. Ballottement adalah tanda adanya benda terapung atau melayang dalam cairan

B.      Tanda kehamilan pasti
1.      Denyut jantung janin (DJJ)
DJJ dapt di dengarkan dengan stetoskop laenec pada minggu 17-18. Pada orang gemuk lebih lambat lagi. Dengan stetoskop ultrasonic (Doppler), DJJ dapat di dengar lebih awal sekitar minggu ke 12
2.      Palpasi
Yang harus di tentukan adalah outline janin. Biasanya menjadi lebih jelas pada minggu ke 22. Gerakan janin dapat jelas terasa pada minggu ke 24
3.      Rontgenografi
Gambar tulung –tulang janin tampak setelah minggu 12-14. Pemeriksaan ini hanya boleh dilakukan bila terdapat keragu-raguan dalam diagnosis kehamilan, dan atas indikasi yang mendesak sekali sebab janin sangat peka terhadap sinar X , sekarang penggunaan sinar X telah terdesak oleh ultrasonografi (USG)
4.      Ultrasonografi
Alat ini menjadi sangat penting dalam diagnosis kehamilan dan kelainan-kelainanya, karena gelombang suara sampai saat ini dinyatakan tidak berbahaya. Pada minggu ke 6, sudah terlihat adanya kantong kehamilan
Pada Minggu 6-7 : kutub jantung
Pada Minggu 7-8 : denyut jantung
Pada Minggu 8-9  : gerakan janin                        
Pada Minggu 9-10 : plasenta
Pada Minggu 12    : biparietal diameter (BPD)
Adanya 2 kantong kehamilan pada minggu ke 6 sudah dapat menyatakan adanya kehamilan ganda.
5.      Fetal ECG
Dapat direkam pada minggu ke 12 dengan alat fetalcardiography


daftar pustaka:
sastrawinata, sulaiman.1983.obsteti fisiologi.bandung:eleman-bandung
siswosudarno, risanto dkk.2008.obsteri fisiologi.yogyakarta:pustaka cendikia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar